Thursday 7 January 2016

Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Desa

KELEBIHAN:

Udara Segar
Kehidupan di desa masih tergantung dengan pertanian. Oleh karena banyaknya tumbuhan, ditambah tidak adanya gedung tinggi berjejer, membuat udara segar dengan bebas masuk ke celah-celah ventilasi rumah kita. Sehingga tanpa AC pun kita sudah mendapatkan angin segar yang alami.

Rumah Lebih Luas
Harga tanah di desa masih sangat terjangkau harganya. Itulah sebabnya penduduk desa masih mampu  membeli tanah yang luas untuk rumah mereka, bahkan tidak perlu membeli pun sebagain orang tua sudah menyiapkan lahan untuk anak-anaknya. Sehingga rumah-rumah di desa relatif lebih luas daripada di kota.

Bebas Polusi
Lokasi yang jauh dari perkotaan, menjadikan tidak adanya kebisingan, bau asap kendaraan, steril nya sungai dari limbah pabrik. Itulah sebabnya tingkat stres penduduk perkotaan lebih tinggi dari penduduk desa. Bukankah yang dicari manusia adalah kebahagiaan?

Biaya Hidup Murah
Di desa, segalanya masih murah. Mulai dari tanah, panganan, dan jasa, semua masih jauh lebih murah dari perkotaan. Sehingga meskipun di desa uangnya sedikit, sudah mampu untuk biaya kehidupan sehari-hari

Budaya Gotong-Royong
Kehidupan di desa masih kental dengan budaya gotong-royong nya, sehingga tidak perlu terlalu banyak uang untuk membangun rumah, jalan, jembatan, maupun infrastruktur lainnya. Dalam mengadakan acara, mereka juga saling bantu-membantu, acara pernikahan misalnya, para tetangga akan datang sendirinya tanpa diundang sekalipun.

Pemandangan Indah
Pemandangan di desa masih alami, dengan sungainya yang jernih, sawahnya yang luas, dan juga landscape pegunungan yang bebas dipandang mata. Memang landscape gedung berderet di kota besar juga indah, tapi juga cepat membuat jenuh.

Bebas Macet
Jumlah penduduknya yang sedikit, juga bukan pusat kegiatan ekonomi, pendidikan, dan industri, Selain itu penduduk desa masih jarang yang memiliki kendaraan pribadi, itulah alasan  sedikitnya kendaraan yang berlalu-lalang di jalanan.

Rasa Kekeluargaan Tinggi
Indahnya hidup di desa
Masyarakat desa lebih menjunjung tinggi rasa kekeluargaan. Alasannya mungkin mereka masih kerabat, Berbeda dengan masyarakat kota yang cenderung Individualis, mungkin disebabkan karena masyarakat kota kebanyakan pendatang dari berbagai daerah. Sehingga tidak jarang, dengan tetangga samping pun tidak saling kenal.


KEKURANGAN:
*Pendidikan di desa masih tertinggal dengan yang ada di kota.
*Infrastruktur seperti rumah sakit, bandara, stadion, masih minim.
*Ekonomi di desa masih bergantung dengan pertanian.
*Hiburan seperti bioskop, mall, kolam renang, masih berpusat di kota.
*Teknologi di desa belum semaju di kota.
*Lahan pekerjaan masih minim.

4 comments: