Thursday 17 November 2016

Bersikap Objektif

Objektif adalah berpikir mengenai keadaan sebenarnya tanpa dipengaruhi pendapat atau pandangan pribadi. Sedangkan subjektif adalah sebaliknya.

Contoh subjektif adalah, kita selalu menghina setiap kebijakan presiden Jokowi hanya karena kita tidak suka atau karena kita tidak memilihnya ketika pemilu. Sedangkan bersifat objektif adalah kita mengapresiasi kebijakan Jokowi yang bagus, dan mengkritisi kebijakan bapak Jokowi yang menurut kita kurang tepat.

Kelihatannya mudah bukan? Tapi kenyataan nya sangat sedikit yang bisa berpikir objektif, menurut sumber yang saya baca, sekitar 95 persen manusia berpikir subjektif, sedangkan sisanya sudah mampu berpikir objektif. Anda bagian mana? Coba kita koreksi diri kita masing-masing.

Di era internet dan sosial media sekarang ini informasi mudah tersebar kemana-kemana.  dan internet bisa mencerahkan kita tetapi juga bisa menjerumuskan kita. Salah satu hal yang menurut saya bisa membantu kita untuk bersikap objektif adalah dengan cara selalu mencari informasi dari dua sudut pandang yang berbeda atau each side of the story. Jangan pernah menerima informasi hanya dari sumber tertentu tanpa mencari klarifikasi dari sumber lainnya.

Contoh: Di facebook kita disamping masuk dalam grup atau komunitas yang Pro Palestina, kita juga harus masuk dalam grup Pro Israel. Sehingga kita berpikir jernih dan menemukan titik temu dari masalah kedua belah pihak. Jika Anda hanya masuk dalam salah satu grup maka justru akan memperkeruh suasana. Jika sebelumnya yang pihak yang bertikai adalah 10 juta orang, maka sekarang menjadi 10 juta lebih satu orang ditambah anda.

Contoh lain adalah Jika Anda masuk dalam grup Anti Ahok, Anda juga harus masuk ke dalam grup yang pro Ahok, karena pastinya salah satu grup selalu membicarakan keburukan Ahok, sementara yang lainnya selalu hanya membicarakan kebaikan Ahok. Dengan masuknya Anda ke kedua belah grup, Anda sudah selangkah untuk berfikir jernih dan bersikap objektif. Karena jika Anda hanya masuk salah satu grup facebook sudah pasti Anda memasuki grup yang Anda sukai saja.

No comments:

Post a Comment